Memasuki bulan Rabiul Awwal dengan berusaha meniru “welas”nya Kangjeng Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.
قال تعالى : ﴿وما ارسلناك الا رحمة للعالمين). فهو رسول الرحمة الذي ارسله الله تعالى رحمةً لجميع العالمين، رحمةً للمؤمنين ورحمةً للكافرين ورحمةً للمنافقين، ورحمةً لجميع بني الانسان الرجال والنساء والصبيان، ورحمةً للطير والحيوان فهو رحمةٌ عامة لجميع خلق الله تعالى. واما الشفقة والرأفة والرحمة لجميع الخلق فقد قال تعالى فيه: (عزيز عليه ما عنتم حريص عليكم بالمؤمنين رؤوف رحيم). قال بعضهم: من فضله ان الله تعالى أعطاه إسمين من اسمائه فقال: بالمؤمنين رؤوف رحيم.
Allah ta’ala berfirman:
وَمَا أَرْسَلْتُكَ إِلَّا رَحْمَةً لِلْعَلَمِينَ (الأنبياء : ١٠٧)
“Dan tiadalah kami mengutusmu, melainkan untuk menjadi rahmat bagi semesta alam.” (QS. Al-Anbiya: 107)
Dengan demikian, beliau adalah Rasul yang datang membawa rahmat yang menyeluruh meliputi alam semesta. Rahmat kepada kaum muslimin, rahmat bagi golongan kafir dan munafik, rahmat bagi segenap umat manusia. Bahkan rahmat bagi alam hewan, karena rahmat yang menyeluruh itu mencakup semua makhluk yang diciptakan Allah. Adapun tentang kasih sayang beliau terhadap kaum mukminin, dengan tegasnya telah dinyatakan oleh Allah dalam firmannya:
عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوْفٌ رَّحِيمٌ (التوبة: ۱۲۸)
“Berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan keimanan dan keselamatan bagimu, amat belas kasihan lagi penyanyang terhadap orang-orang mukmin.” (QS. At-Taubah: 128)
Ayat tersebut sekaligus merupakan kehormatan bagi beliau. Karena dua diantara nama-nama Allah diberikan kepadanya, yaitu (Ra’uf dan Rahim).
ومن شفقته على امته تخفيفُه وتسهيلُه عليهم وكراهتُه اشياءً مخافةَ أن تُفرَض عليهم، كقوله عليه الصلاة والسلام: لولا ان أشق على أمتي لامرتُهم بالسواك مع كل وضوء، وخبرِ صلاة الليل ونهيِهم عن الوصال، وكراهتِه دخولَ الكعبة لىٔلا تتعنت امته، ورغبتِه لربه أن يجعل سبه ولعنه لهم رحمة بهم، وأنه كان يسمع بكاءَ الصبي فيتجوز في صلاته.
Diantara contoh belas kasih beliau adalah keringanan dan kemudahan beliu kepada umat, serta keengganan beliau melakukan beberapa hal, karena khawatir akan diwajibkannya kepada umat sebagaimana sabda beliau: “Kalau aku tak kuatir akan memberatkan umatku, niscaya akan kuperintahkan mereka agar bersiwak tiap kali mereka berwudlu”. Demikian juga tentang shalat malam (tahajud). Dan larangan beliau kepada orang yang menyambung puasanya sampai malam hari dan hari berikutnya. Ketidak senangan beliau masuk kedalam Ka’bah agar tidak menyusahkan kepada umat. Permohonan beliau kepada Allah agar kecaman dan kutukan yang pernah diucapkan, menjadi rahmat yang bagi yang bersangkutan, serta shalat beliau yang dipersingkat, bila mendengar suara tangisan anak kecil. (semua itu diriwatkan dalam hadis shahih).
ومن رحمته العامةِ رحمتُه المنافقين بالأمان من القتل والسبي نظرا لظاهر اسلامهم في الدنيا.
Diantara bentuk “welas” beliau yang menyuruh itu, adalah “welas” beliau kepada kaum munafik dengan menyelamatkan mereka dari pembunuhan dan penawanan, karena memandang tampilan lahir mereka yang menganut agama Islam di dunia ini.
ومن رحمته العامةِ رحمتُه للكفار برفع عذاب الاستئصال عنهم في الدنيا، وذلك ان الامم السابقةَ كانت اذا ارسل الله تعالى فيهم رسولاً فكذبوه وكفروا به جاءهم العذابُ فعمهم، كما قص الله تعالى من اخبار قوم نوح وعاد وثمود وقوم لوط وغيرهم كيف احاط بهم العذاب وحاق بهم ما كانوا يستهزئون.
Diantara bentuk “welas” beliau yang menyeluruh, adalah “welas” beliau kepada orang-orang kafir dengan dihapuskan adzab dan musibah total yang biasanya mengikis habis mereka yang kafir dan ingkar dari muka bumi ini, sebagaimana yang dialami oleh beberapa kaum di masa lampau, tatkala datang para Rasul di tengah-tengah mereka lalu didustakan dan didurhakai, maka adzab Tuhan datang menimpa dan menghancur lumatkan mereka secara total, sebagaimana secara yang dikisahkan oleh Allah kepada kita dalam Al Qur’an, berita-berita tentang kaum Nuh, ‘Ad, Tsamud, kaum Luth dan lain sebagainya. Betapa siksa Allah akan meliputi mereka, dan mereka ditimpakan azab yang selalu mereka olok-olokkan (ketika di dunia).
Wallahu a’lam bisshawab.
Sumber: Muhammad al-Insan al-Kamil, karya al-Allamah Sayyid Muhammad ibn Alawi al-Maliki al-Hasani al-Makki, Haiah al-Shafwah al-Malikiyyah, h. 133-135.
CATATAN NGAJI RUTINAN MALAM SELASA di Masjid Baiturrahmanurrahim, Tretek Tulungagung, 25 Agustus 2025.
#bagusahmadi
#ppmiaputra
#pacetmoyoketen
#maulidNabi
Komentar Terbaru